Minggu, 10 Januari 2016

Harga Emas Terbaru Januari - Februari 2016

Harga Emas  - Saat ini harga emas dunia sedang dilakukan pengereman terhadap kenaikannya, namun hingga saat ini masih melakukan pergerakan positif. Terjadinya ketegangan geopolitik yang terjadi di Timur Tengah dan pasar saham yang sedang mengalami anjlok menjadi pehatian para investor dalamkomoditas safe haven tersebut. 

Menurut data yang dilansir dari CNBC pada hari Rabu 6 januari 2016 mengungkapkan bahwa saat ini di pasar spot internasiona harga emas mengalami kenaikan cukup tipis yakni 0,1 persen menjadi US$1.077,80 per ons nya. Sedangkan pada hari senin, harga emas sempat mengalami kenaikan hingga 2,2 persen dan naik ke level tertinggi yang bertahan selama empat pekan terakhir yaitu berada pada harga US$1.083,30 per ons nya.

Pada awal tahun 2916 ini, komoditas logam mulia saat ini sedang bersinar yang terdorong oleh karena krisis yang terjadi pada hubungan Arab Saudi dengan Iran, kondisi ini juga dapat dipengaruhi oleh karena terjadinya gejolak pada perekonomian di China. 

Harga emas domestik
Beralih ke harga emas di dalam negeri, PT. Aneka Tambang Tbk (Antam) saat ini bertahan pada level Rp. 546.000 per gram, sedangkan harga pembelian kembali (buyback) pada harga emas batangan naik sebesar Rp. 2.000 dari harga sebelumnya Rp. 479.000 menjadi Rp. 481.000 per gram.

Dengan stabilnya harga emas saat ini, maka waktu yang sangat tepat untuk membeli emas. Namun, bagi anda yang akan membeli emas baik dalam bentuk perhiasan atau batangan, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal sebelum anda memutuskan untuk membeli emas.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli emas, diantaranya yaitu :

1. Tujuan membeli emas
Jika tujuan anda membeli emas untuk berinvestasi, maka sebaiknya anda membeli emas dalam bentuk batangan atau koin, karena emas tersebut memiliki nilai intrinsik yang lcukup besar. Sedangkan jika untuk perhiasan sekaligus tabungan, maka sebaiknya anda membeli emas dengan kadar yang tinggi, karena emas dalam bentuk perhiasan memiliki nilai jual yang cukup tinggi asalkan kilau emas tersebut masih tetap terjaga dengan baik.

2. Cek Harga Terbaru
Harga emas selalu mengalami perubahan setiap harinya, maka sebaiknya cek dulu harga terbaru saat ini sebelum anda membelinya. Harga terbaru emas dapat dicek secara online di beberapa situs seperti logammulia.com, pegadaian.com atau di harga-emas.com. Pada situs tersebut anda dapat melihat secara lengkap harga emas terbaru saat ini. PT. Antam selalu memberikan update harga emas setiap dua hari sekali, harga emas yang di umumkan oleh PT. Antam adalah menjadi patokan harga emas nasional.

3. Tempat Membeli Emas
Sebelum anda membeli emas, tentukan tempat atau toko emas yang sudah memiliki reputasi yang jelas. Hal ini bertujuan agar lebih memberikan rasa aman dan kualitas emas yang baik. Cek harga jual kembali di toko emas yang anda pilih dan pastikan juga jika harga jualnya tidak turun drastis. Selain itu, jangan membeli emas jika harganya sama dengan yang tercantum di dalam surat. Sebagai rekomendasi untuk anda yang akan membeli emas dengan kualitas terjamin dan memiliki sertifikat, sebaiknya anda membelinya di PT. Antam atau pegadaian.

4. Cek Kondisi Fisik Emas
Pastikan emas batangan ataupun perhiasan yang anda beli memiliki kondisi fisik yang mulus, karena jika terlihat ada noda hijau pada pori-pori atau cacat pada bagian fisik emas dapat mempengaruhi harga jual kembali emas tersebut.

5. Tanya Kadar Kemurnian Emas
Berikut ini merupakan standar internasional kemurnian emas.
Emas 24 karat tingkat kemurniannya (99.99%)
Emas 22 karat tingkat kemurniannya (91.7%)
Emas 20 karat tingkat kemurniannya (83.3%)
Emas 18 karat tingkat kemurniannya (75%)
Emas 16 karat tingkat kemurniannya (66.6%)
Emas 14 karat tingkat kemurniannya (58.5%)
Emas 9 karat tingkat kemurniannya (37.5%)

Di Indonesia kadar kemurnian emas memang agak berbeda dengan standar internasional, untuk emas 24 karat memiliki tingkat kemurniannya hanya 90%, 23 karat 70% dan 22 karat hanya 40% saja. Cukup memprihatinkan, karena di indonesia masih belum memiliki standar yang dapat menjadi konsistensi pada harga, berat ataupun kadar emas itu sendiri.

Nah itulah beberapa tips yang dapat anda perhatikan sebelum membeli emas.
Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan kepada anda semua mengenai Harga Emas terbaru Januari 2016, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Harga Emas Terbaru Januari - Februari 2016

0 komentar:

Posting Komentar